SDK Play

Tren Teknologi Terkini

Teknologi Baru Dalam Industri Logistik

Teknologi Baru Dalam Industri Logistik

Teknologi Baru Dalam Industri Logistik – Teknologi baru dalam industri logistik telah melalui banyak perkembangan pesat. Industri transportasi dan logistik secara tradisional didefinisikan oleh truk dan infrastruktur, tetapi selama beberapa tahun terakhir teknologi telah mulai mengubah itu. Penggunaan komputer mobile, solusi GPS, tol elektronik, dan log kendaraan elektronik telah merevolusi logistik.

Baca Juga: Cara Teknologi Telah Mengubah Televisi

Teknologi Baru lainnya siap untuk memiliki dampak yang sama besarnya, dan masa depan logistik akan ditandai oleh kemajuan baru. Penting bagi perusahaan transportasi untuk tetap mengikuti perkembangan ini, bahkan yang mungkin beberapa tahun lagi dari adopsi yang meluas.

Baca Juga: Menggunakan Cahaya untuk Mengisi Baterai Lithium Ion

Manajemen Telematika dan Armada

Perusahaan logistik telah menggunakan sistem GPS untuk melacak lokasi truk mereka selama bertahun-tahun. Yang telah berubah adalah banyaknya fitur dan fungsi baru yang ditawarkan sistem manajemen armada berbasis GPS.

Baca Juga: Revolusi dari Perkembangan Teknologi Perbankan

Selain melihat lokasi truk, manajer kini dapat mengatur geofences untuk mengaktifkan peringatan ketika truk mendekati tujuannya, mengoptimalkan rute menggunakan data lalu lintas waktu nyata.

Meningkatkan pemanfaatan kendaraan, dan secara otomatis melacak jam pengemudi dan informasi pelaporan pajak bahan bakar.

Fungsi telematika dari sistem ini juga memungkinkan untuk melacak kebutuhan perawatan kendaraan (penjadwalan dilayani berdasarkan jarak tempuh), dan menghasilkan peringatan jika mesin menghasilkan kode masalah.

Baca Juga: Teknologi Dalam Semua Aspek Bisnis

Ini dapat membantu menghindari kerusakan dan memperpanjang umur kendaraan. Akhirnya, perusahaan dapat melacak kecepatan, pengereman / akselerasi yang keras.

Pemalasan berlebihan dan kondisi lain yang akan mengurangi konsumsi bahan bakar, menghemat biaya, dan meningkatkan keselamatan.

Selain itu, beberapa perusahaan asuransi sekarang menawarkan diskon untuk operator armada yang menggunakan solusi ini.

Baca Juga: Jenis Teknologi Modern Saat Ini

Internet of Things (IoT)

IoT melibatkan penggunaan sensor dan komunikasi jaringan untuk menghubungkan mesin ke Internet. Ini memungkinkan untuk memantau peralatan, perangkat kontrol jarak jauh (seperti printer atau sistem keamanan rumah), dan menerima peringatan ketika mesin perlu diperbaiki atau diservis.

Seperti Apa Saja Teknologi Terbaru Dalam Industri Logistik dan Transportasi?

Baca Juga: Industri Tradisional Diubah Oleh Teknologi

IoT adalah perpanjangan dari jenis informasi telematika yang telah disediakan. Ini dapat memulai up-stream lebih lanjut dalam rantai pemesanan, pembuatan dan pergudangan.

Mesin pintar akan menyiarkan kebutuhan mereka untuk suku cadang baru atau bahan habis pakai sebelum kehabisan. Dengan sinyal permintaan yang lebih jelas, rantai pasokan harus lebih responsif.

Pengiriman Drone dan Mobil Tanpa Supir

Amazon melakukan percikan besar ketika mengumumkan akan menggunakan pesawat terbang tak berawak untuk mengirimkan produk kepada pelanggan.

Meskipun gagasan robot terbang yang menjatuhkan paket dari langit kedengarannya cukup keren, pertimbangan praktis (biaya, keamanan, peraturan, dll).

Kemungkinan akan membuat operasi pengiriman tetap berjalan selama beberapa tahun lagi

Komputasi Berbasis Cloud dan Analisis Bisnis

Seringkali, orang menganggap teknologi sebagai perangkat keras, gadget, dll. Namun, peningkatan signifikan dalam kemampuan dan peningkatan dalam arsitektur untuk komputasi berbasis cloud dan analitik bisnis juga secara dramatis mempengaruhi industri transportasi.

Baca Juga: Memahami Perubahan Teknologi Dalam Bisnis

Selama bertahun-tahun, telematika dan RFID dan teknologi lainnya menyediakan banyak data yang dapat digunakan, tetapi perusahaan jarang mampu menangkap dan mengatur data itu, apalagi memanfaatkan nilai analitik.

Kecanggihan arsitektur perangkat lunak dan data sekarang memungkinkan semua data untuk dikendalikan dan dimanipulasi secara efektif.

Baca Juga: Punya Otak Berukuran Besar Tak Berarti Lebih Baik Simpan Memori

Untuk menghasilkan tidak hanya detail status aktivitas dan aliran proses, tetapi saran prediktif dan sugestif untuk secara proaktif meningkatkan operasi dan menghentikan masalah sebelum terjadi.

Nah, itu dia beberapa Teknologi Baru dalam industri logistik. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam mengenal teknologi saat ini. Semoga sukses.